This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Minggu, 15 Januari 2012

motogp

Setelah menggaet Alvaro Bautista pada November lalu, San Carlo Honda Gresini menambah satu pembalap lagi. Dia adalah Michele Pirro.

Siapakah Pirro? Ia adalah rider berusia 25 tahun asal Italia yang pada musim 2011 berlaga di Moto2 bersama tim Moriwaki. Pada musim keduanya di Moto2 itu, ia satu kali memenangi balapan dan finis di posisi kesembilan klasemen akhir.

"Saya senang telah membuat keputusan ini dan bangga bisa bergabung dengan Gresini dalam petualangan baru yang menarik ini," ujar Pirro seperti dilansir Autosport.

"Ini bukan keputusan yang mudah karena sebelumnya saya ingin memperbaiki penampilan saya di Moto2 dari hasil yang saya dapat pada 2011," lanjutnya.

Seperti Bautista, Pirro akan membalap dengan menggunakan motor RC213V pada musim baru yang menandai dimulainya balapan era 1000cc.

motogp

Bakat dan kemampuan dari Casey Stoner dinilai sudah berperan sangat penting guna mengangkat performa Honda RC212V di musim 2011, yang diakhiri Stoner dengan predikat juara.

Opini itu dilontarkan oleh Wilco Zeelenberg, manajer tim Yamaha untuk Jorge Lorenzo. Ia mendasarkannya kepada pendapat bahwa motor RC212V yang diusung Honda musim 2011 sebenarnya tidak berbeda jauh dengan yang menjadi andalan musim sebelumnya.

Kemampuan Stoner-lah yang lantas membuat HRC menjadi kekuatan dominan pada musim 2011. Ini pun terindikasi dari capaiannya yang kerapkali melebihi rekan setimnya, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, yang menunggangi motor identik.

"Perubahan besarnya adalah Casey di Honda sudah membawa tim itu ke level berbeda. Kami tahu Honda sudah bikin lompatan besar pada bulan Agustus di Brno karena Jorge pun sampai bilang, 'mayday, mayday' dan meminta Yamaha berbenah," ujar Zeelenberg kepada MCN.

Menilai Yamaha tunggangan Lorenzo masih cukup kompetitif, plus sesuai dengan filosofi tim itu, perubahan besar pun tidak dilakukan.

"Motor kami masih cukup mampu bersaing tapi Honda sudah pasti jadi tangguh musim ini dengan Casey. Buat saya, saat ini dua pembalap yang menonjol dari lainnya adalah Casey dan Jorge," simpulnya.

motogp

Di bulan Maret, balapan Formula 1 dan MotoGP musim 2011 memanggungkan seri perdananya. Di sinilah, dua calon juara dunia, Sebastian Vettel dan Casey Stoner, mengawali perjuangannya dengan kemenangan.

Gara-gara GP Bahrain dibatalkan, seri pembuka F1 digeser ke Australia. Di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Mingu (27/3/2011), sebanyak 22 pembalap bersaing untuk mengawali musim dalam cara terbaik.

Dominasi total yang ditunjukkan oleh Vettel pada musim 2011 ternyata sudah terlihat sejak seri perdana. Dia memenangi GP Australia dengan keunggulan 22 detik atas Lewis Hamilton yang menempati posisi kedua. Di seri ini, pembalap Renault, Vitaly Petrov, membuat kejutan dengan naik podium ketiga.

Dari lintasan MotoGP, Stoner juga memulai musim 2011 dengan sangat baik. Dia menandai debutnya bersama Repsol Honda dengan kemenangan di balapan MotoGP Qatar, Minggu (20/3/2011). Memegang pole, ia sempat bertarung sengit dengan Jorge Lorenzo, tapi mulai tak terkejar sejak lap 11. Lorenzo finis nomor dua, Dani Pedrosa ketiga.

Sementara itu, tanda-tanda Valentino Rossi bakal kesulitan bersama Ducati juga sudah terlihat di Qatar. The Doctor cuma menempati peringkat ketujuh dalam debut di tim barunya.

Bencana gempa dan tsunami yang menghantam Jepang pada bulan Maret juga ikut berimbas ke jadwal MotoGP. GP Jepang yang semula dijadwalkan pada 24 April diundur ke 2 Oktober.

Beralih ke lapangan basket, Los Angeles Lakers sempat membukukan hasil gemilang dengan menang delapan kali berturut-turut di NBA. Tapi, catatan apik itu akhirnya dihentikan oleh Miami Heat, yang mengalahkan Lakers di AmericanAirlines Arena 94-88.

Bulan Maret juga jadi bulan yang bersejarah untuk NBA. Untuk kali pertama, sebuah pertandingan NBA di musim reguler dimainkan di luar Amerika Serikat, tepatnya di London. Dalam pertandingan di O2 Arena, Sabtu (5/3/2011) dinihari WIB, New Jersey Nets berhasil mengungguli Toronto Raptors 116-103.

Dari basket dalam negeri, Satria Muda Britama berpesta pada bulan Maret. Mereka berhasil menjuarai edisi pertama National Basketball League (NBL) setelah dalam partai final mengalahkan Nuvo CLS Knight Surabaya dengan skor 67-50. Ini merupakan gelar keenam SM di kancah kompetisi basket profesional Indonesia.

Dari cabang tenis, Novak Djokovic dan Caroline Wozniacki berjaya di turnamen Indian Wells. Di final, Djokovic menundukkan rival beratnya, Rafael Nadal, dalam duel tiga set dengan skor 4-6, 6-3, dan 6-2. Sementara itu, Wozniacki juga harus bertarung tiga set sebelum mengalahkan Marion Bartoli dengan skor 6-1, 2-6, dan 6-3.

Cerita lain dari lapangan tenis adalah soal rekor servis paling kencang yang dibuat oleh petenis Kroasia, Ivo Karlovic. Dalam aksinya di nomor ganda di Piala Davis, ia sempat melepaskan servis berkecepatan 251 km/jam, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Andy Roddick dengan 249,4 km/jam.

Dominasi China di cabang bulutangkis kembali tersaji lewat turnamen bergengsi All England. Negeri Tirai Bambu meraih tiga gelar lewat Wang Chixian (tunggal putri), Wang Xiaoli/Yu Yang (ganda putri), dan Xu Chen/Ma Jin (ganda campuran). Lee Chong Wei (tunggal putra/Malaysia) dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (ganda putra/Denmark) merebut gelar lainnya. Bagaimana dengan wakil-wakil Indonesia? Tak ada satu pun yang bisa menembus babak final.

bola

Setelah menjalani total 18 pertandingan di La Liga Primera, gawang Barcelona akhirnya bobol juga di Camp Nou. Itulah kali pertama musim ini Barca menyudahi laga kandangnya tanpa clean sheet.

Di jornada 18, Senin (16/1/2012) dinihari WIB, Barca memetik kemenangan 4-2 atas Real Betis di Camp Nou. Dua gol Betis itulah yang akhirnya membuat gawang Barca di Camp Nou musim ini tak lagi "perawan".

Sebelum laga kontra Betis tersebut, Barca sudah melakoni sembilan pertandingan kandang di liga dengan hasil delapan kemenangan dan satu kali imbang, tanpa kebobolan.

"Ini terjadi jika Anda bekerja keras dan jika Anda bertindak sebagaimana mestinya," kata entrenador Barca Pep Guardiola mengenai ketangguhan timnya di kandang sendiri, seperti dikutip situs resmi klub.

Dengan demikian maka Betis-lah, melalui gol Ruben Castro dan Roque Santa Cruz, yang sudah memerawani gawang Barca di Camp Nou di kancah liga musim ini. Kini catatan Barca di kandang menjadi 43-2 (bikin gol-kebobolan) dari 10 partai.

"Yang terpenting adalah merebut tiga poin dan kami bisa mengalahkan mereka, kebobolan gol tidaklah penting," komentar kiper Barca Victor Valdes.

motogp

Musim lalu Jorge Lorenzo tampil tak terlalu impresif dan harus kehilangan gelar juaranya. Di musim yang baru, Lorenzo pun berjanji tampil lebih baik dan kembali jadi juara.

Memegang titel juara dunia 2010 membuat Lorenzo musim lalu difavoritkan. Tapi nyatanya setelah 18 seri berjalan, akhir cerita berkata lain.

Stoner begitu dominan dengan 10 kemenangan sementara Lorenzo cuma mampu mengumpulkan tiga kemenangan. Tiga lain dipegang Dani Pedrosa dan satu milik Ben Spies.

Sudah begitu Lorenzo pun harus mengakhiri musim lebih cepat setelah ia mengalami kecelakaan di sesi pemanasan MotoGP Australia yang menyebabkan jari manisnya putus. Alhasil ia harus melewatkan dua seri terakhir di Malaysia serta Valencia dan mengakhiri musim dengan defisit 90 poin dari Stoner di puncak.

"Saya tidak tahu mengapa dengan penampilan musim lalu. Di motosport, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri Anda dengan baik lalu juga dengan kemampuan Anda dan intelejensia untuk mengendari motor Anda," tutur Lorenzo dalam perbincangan dengan detiksport dan beberapa media di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/12/2012) malam WIB.

"Saya pikir musim lalu kami punya motor yang konsisten, tapi di beberapa sirkuti kami tidak bisa menampilkan performa terbaik. Jadi kami sulit untuk bersaing dengan Stoner untuk memperebutkan titel juara," tambah rider berusia 24 tahun itu.

"Kami sempat menang di GP Spanyol (Jerez) setelah kalah di race pembuka, itupun karena Simoncelli terjatuh dan begitupun Stoner. Lalu kami mencoba meraih kemenangan lagi, tapi kami cuma mendapatkan dua (Spies di Assen dan Lorenzo di San Marino) dan itu tidak cukup. Bandingkan dengan musim 2010 saat kami meraih 9 kemenangan."

Menyambut musim yang baru yang akan dibuka di Qatar 8 April pun, Lorenzo tak ingin telat "panas" dan menjajikan penampilan yang lebih impresif.

"Musim ini mudah-mudahan motor kami sedikit lebih baik dan saya juga lebih kompetitif, agar bisa meraih gelar juara," pungkasnya.

motogp

Musim lalu Jorge Lorenzo tampil tak terlalu impresif dan harus kehilangan gelar juaranya. Di musim yang baru, Lorenzo pun berjanji tampil lebih baik dan kembali jadi juara.

Memegang titel juara dunia 2010 membuat Lorenzo musim lalu difavoritkan. Tapi nyatanya setelah 18 seri berjalan, akhir cerita berkata lain.

Stoner begitu dominan dengan 10 kemenangan sementara Lorenzo cuma mampu mengumpulkan tiga kemenangan. Tiga lain dipegang Dani Pedrosa dan satu milik Ben Spies.

Sudah begitu Lorenzo pun harus mengakhiri musim lebih cepat setelah ia mengalami kecelakaan di sesi pemanasan MotoGP Australia yang menyebabkan jari manisnya putus. Alhasil ia harus melewatkan dua seri terakhir di Malaysia serta Valencia dan mengakhiri musim dengan defisit 90 poin dari Stoner di puncak.

"Saya tidak tahu mengapa dengan penampilan musim lalu. Di motosport, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri Anda dengan baik lalu juga dengan kemampuan Anda dan intelejensia untuk mengendari motor Anda," tutur Lorenzo dalam perbincangan dengan detiksport dan beberapa media di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/12/2012) malam WIB.

"Saya pikir musim lalu kami punya motor yang konsisten, tapi di beberapa sirkuti kami tidak bisa menampilkan performa terbaik. Jadi kami sulit untuk bersaing dengan Stoner untuk memperebutkan titel juara," tambah rider berusia 24 tahun itu.

"Kami sempat menang di GP Spanyol (Jerez) setelah kalah di race pembuka, itupun karena Simoncelli terjatuh dan begitupun Stoner. Lalu kami mencoba meraih kemenangan lagi, tapi kami cuma mendapatkan dua (Spies di Assen dan Lorenzo di San Marino) dan itu tidak cukup. Bandingkan dengan musim 2010 saat kami meraih 9 kemenangan."

Menyambut musim yang baru yang akan dibuka di Qatar 8 April pun, Lorenzo tak ingin telat "panas" dan menjajikan penampilan yang lebih impresif.

"Musim ini mudah-mudahan motor kami sedikit lebih baik dan saya juga lebih kompetitif, agar bisa meraih gelar juara," pungkasnya.

motogp

Musim lalu Jorge Lorenzo harus mengakhiri musim lebih cepat karena cedera pada jari tangannya. Menjelang bergulirnya sesi pra musim, kondisi Lorenzo kini sudah pulih total.

Berusaha menunda pesta juara Stoner lebih lama, Lorenzo malah mengalami nasib sial di seri ke-16 di MotoGP Australia. Saat sesi pemanasan di sirkuit Phillip Island, dirinya mengalami crash dan terseret cukup jauh.

Setelahnya Lorenzo diketahui mengalami cedera cukup parah yakni ujung jari manisnya putus beberapa milimeter dan harus menjalani operasi. Alhasil Lorenzo harus absen di dua seri terakhir dan Stoner lebih cepat jadi juara.

Cedera jari manis itu memang ditakutkan bakal menggangu performa Lorenzo ke depannya. Apalagi ia adalah ujung tombak dari Yamaha Factory Racing di ajang MotoGP.

Tapi jelang musim yang baru terutama persiapan di sesi pra musim saat mencoba motor baru berkapasitas 1.000 cc, Lorenzo menegaskan dirinya sudah terbebas dari cederanya tersebut.

"Saya sudah merasa lebih baik saat ini. Kondisi jari ini semakin baik dan cedera ini tak menggangu saya. Meskipun saat bangun di pagi hari terkadang masih suka agak kaku. Overall, cedera saya sudah pulih total," tutur Lorenzo kepada detiksport dan wartawan lain dalam sebuah wawancara di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/1/2012) malam WIB.

Dalam sesi wawancara itu memang terlihat kondisi jari manis dan tengah tangan kiri Lorenzo sudah membaik. Hanya menggunakan plester, ia tampak sudah bisa menggerakan jarinya itu dengan lancar.

Foto: Lorenzo saat insiden yang membuat jari manisnya cedera di sesi pemanasan MotoGP Australia 16 Oktober lalu (Reuters)

motogp

Musim lalu boleh disebut sebagai musim terburuk dalam karier Valentino Rossi. Eks rekan timnya di Yamaha, Jorge Lorenzo, meyakini Rossi bisa bangkit dan bersaing memperebutkan gelar juara tapi dengan sebuah syarat.

Rossi musim lalu memutuskan pindah ke Ducati, tim pabrikan asal negaranya Italia, setelah memberikan empat gelar juara dunia bagi 'Tim Garpu Tala' itu.

Banyak yang memprediksi kepindahan itu disebabkan kabar perselisihannya dengan Lorenzo, yang dianggap mulai mengikis eksistensi The Doctor di Yamaha. Lalu dengan motor kencang ala Ducati, seperti apa perjalanan Rossi musim lalu?

Tak seperti yang diharapkan oleh fansnya, jangankan untuk bersaing memperebutkan gelar juara, untuk naik ke podium saja Rossi kesulitan. Pencapaian terbaiknya di tahun 2011 adalah finis di urutan ke-3.

Sungguh bukan musim yang baik bagi pembalap sekelas Rossi yang punya sembilan titel juara dunia di seluruh kelas dan meraih 79 kemenangan di kelas MotoGP itu. Maka ada anggapan jika Rossi sudah habis.

Untuk hal satu itu, Lorenzo menilai Rossi masih bisa bertaji musim depan dengan pengalaman dan kualitas yang dimiliknya. Namun, Rossi tak akan bisa meraihnya dengan mudah meskipun ia mampu memenuhi syarat-syarat yang diutarakan Lorenzo.

"Bagaimana Rossi musim depan? Itu tergantung feeling dia dengan ducati, jika feeling-nya lebih baik dengan Ducati dan Ducati bisa berkembang sedikit lebih baik, maka dia bisa bersaing untuk gelar juara," nilai Lorenzo dalam wawancara dengan detiksport di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/1/2012) malam WIB.

"Tapi itu tidak akan mudah untuknya karena saat ini kualitas para para pembalap dan juga intensitas balapan begitu tinggi saat ini," lanjutnya

"Namun, Anda tahu kalau kita berbicara soal rider yang sudah sembilan kali juara dunia dan memenangi lebih dari 100 balapan. Jadi dengan kualitas dan pengalamannya, dia bisa menang lagi namun itu tak akan mudah," tandasnya.

Terkait rivalitasnya dengan Rossi, Lorenzo tak punya pandangan negatif pada hal itu. Justru rider asal Spanyol itu mengaku senang bisa punya lawan sekelas Rossi.

"Saya selalu senang bersaing dengan para pembalap terbaik dan dia adalah salah satunya," tuntasnya.

motogp

Akhir musim ini kontrak Jorge Lorenzo bersama Yamaha akan habis. Tak ingin pergi dari 'Tim Garpu Tala', Lorenzo pun berencana tinggal dua tahun lagi di sana.

Lorenzo pertama kali tampil di panggung balapan motor kelas primer pada 2008 setelah dua kali berjaya di kelas 250 cc pada tahun 2006 dan 2007. Penampilan impresif langsung ditunjukkan Lorenzo di musim perdananya.

Menyelesaikan musim di posisi keempat klasemen, Lorenzo, berhasil merengkuh gelar Rookie of The Year. Di musim berikutnya statusnya berubah jadi penantang serius juara bagi rekan setimnya, Valentino Rossi, meski akhirnya cuma mendapat gelar runner-up.

Barulah di musim 2010 Lorenzo membuktikan dirinya adalah pembalap MotoGP papan atas dengan merengkuh titel juara dunia untuk pertama kalinya. Musim lalu nasibnya kurang beruntung saat performa Yamaha jeblok dan ia pun harus puas finis di bawah juara dunia, Casey Stoner.

Di musim 2012 adalah masa terakhir Lorenzo mengunggangi motor Yamaha. Apakah artinya ini Lorenzo ingin memberikan persembahan terakhir berupa gelar juara dan mencari petualangan baru di tim lain?

Untuk hal satu itu Lorenzo menegaskan jika dirinya tak berpikir untuk meninggalkan Yamaha dan ingin memperbaharui kontraknya hingga 2014, sekaligus mengembangkan motor 1.000 cc yang kompetitif.

"Memang tahun ini adalah kontrak terakhir saya bersama Yamaha. Tapi saya tak ada keinginan untuk meninggalkan tim ini. Tim ini sudah memperlakukan saya dengan sangat baik sejak saya pertama kali gabung ke sini," tutur Lorenzo dalam wawancara dengan detiksport dan beberapa media lain di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/1/2012) malam WIB.

"Keinginan saya adalah memperpanjang kontrak untuk dua tahun ke depan dan mengembangkan motor 1.000 cc bersama Yamaha," pungkasnya

motogp

Musim lalu Jorge Lorenzo mendapat kehormatan memakai nomor 1 di motornya usai menjadi juara dunia. Ia pada akhirnya gagal menjadi juara, seperti meneruskan "kutukan" nomor untuk juara bertahan tersebut.

Sejak balapan motor kelas 500 cc berubah jadi MotoGP pada tahun 2002, setiap juara di musim sebelumnya akan diberikan pilihan untuk menggunakan nomor 1 atau tetap pada nomor yang ia pakai sebelum itu.

Sejak tahun 2002 hingga 2005, Valentino Rossi yang selalu jadi juara tak pernah memakai no.1 dan selalu memakai nomor favoritnya, yakni 46.

Rangkaian juara Rossi terputus di musim 2006 saat Nicky Hayden jadi juara dunia dan Hayden pun gagal mempertahankan gelarnya di musim 2007, karena Casey Stoner-lah yang menjadi juara.

Kutukan no.1 itu berlanjut lagi di tahun 2008 ketika Stoner harus merelakan gelarnya lepas ke tangan Rossi. Sampai akhirnya pada musim 2010 Lorenzo merebut gelar juara dunia dan memakai nomor 1 dengan desain khusus di motornya.

Apa daya Lorenzo pun nyatanya tak bisa mematahkan kutukan itu dan gelar juaranya harus direbut Stoner yang tampil gemilang di musim 2011.

Kini jelang bergulirnya musim yang baru, Lorenzo pun mendapat pertanyaan demikian dan ia pun mengaku tak percaya pada takhayul semacam itu. Bagi rider asal Spanyol itu kegagalannya mempertahankan gelar karena ia memang tampil buruk.

Bahkan Lorenzo tak ragu untuk menggunakan nomor satu itu di motornya musim 2013 jika ia menjadi juara musim ini.

"Saya tidak percaya (dengan kutukan itu). Yang ada cuma musim yang menggembirakan atau musim yang buruk," tukasnya dalam wawancara dengan sejumlah media termasuk detiksport, Minggu (15/1/2012) malam WIB.

"Saya tetap akan memakai no.1 lagi musim berikutnya jika musim ini saya juara. Terkadang memang saya pun tidak bisa menang terus," pungkas Lorenzo yang akan kembali menggunakan nomor favoritnya 99 musim ini

motogp

Jorge Lorenzo bercerita sedikit soal hobinya berselancar di dunia maya. Ia menyebut Indonesia sebagai negara keduanya dan ingin mengunjungi negeri ini kembali dengan status sebagai juara dunia.

Lorenzo memang cukup aktif di dunia social networking. Akun Twitter-nya sudah di-follow 382.027 orang, sementara akun resmi Facebook-nya diikuti oleh 403.371.

Tak hanya itu, Lorenzo juga dikenal menyukai sepakbola, dan dia adalah fans seorang fans Barcelona, dan bertempat tinggal pula di kota tersebut.

Detiksport mendapat kesempatan mewawancarai juara dunia MotoGP 2010 ini di Hotel Mulia, Senayan, Minggu (15/1/2012) pagi WIB. Berikut petikan wawancara yang dilakukan bersama beberapa media yang diundang PT Yamaha Kencana Indonesia.

Selamat Malam, Jorge. Apa kabarnya? Senang datang kembali ke Indonesia

I'm fine, Thank You! Senang rasanya bisa kembali ke Indonesia lagi.

Pertanyaan pertama saya. Selama libur pra musim ini, apa yang Anda lakukan?

Saya lebih banyak melakukan latihan fisik. Saya berlari di gunung, Selasa dan Rabu saya berlatih pilates dan yoga. Kamisnya saya bermain motorkros dan hampir sepanjang minggu saya berlatih demi persiapan untuk musim baru.

Lalu apa kegiatanmu sehari-hari ketika tidak sedang membalap?

Saya suka mendengarkan musik, bermain video game, bermain internet di komputer saya dan bermain dengan teman-teman saya. Hidup itu cuma sekali, jadi Anda harus menikmatinya

Jenis musik apa yang Anda sukai?

Saya suka sekali Linkin Park, Red Hot Chili Peppers, Nirvana, Phil Collins. Tergantung momen juga sih.

Saya tahu Anda adalah seorang fans fanatik sepakbola dan Barcelona ada klub favorit Anda. Kenapa Anda memilih itu ?

Barca? Hmmm. saya tinggal di Barcelona. It lah salah satu mengapa saya memilih Barca. Selain itu saya suka Barca karena mereka bermain dengan sangat baik, mereka banyak memainkan passing dan bola. Saya menyukai mereka permainan mereka dan mereka diisi banyak pemain berbakat.

Bagaimana peluang Barca menjuarai La Liga musim ini? Saat ini mereka tengah tertinggal 5 poin dari Real Madrid di puncak.

Saat ini lebih sulit untuk Barca untuk menang, karena Madrid tengah unggul lima poin. Tapi bagi saya tim terbaik tetap Barca dan mereka akan menyusul Madrid. Mudah-mudahan mereka mendapat beberapa kekalahan.

Sebagai orang Spanyol tentu Anda mendukung negara Anda untuk menjadi juara lagi di Piala Eropa. Menurut Anda siapa pesaing terberat Spanyol Di Piala Eropa?

Portugal, Inggris, Jerman dan juga Italia.

Ok Jorge, kini saya ingin bertanya soal Twiitter. Follower Anda itu terbanyak kedua dari Indonesia, setelah Madrid. Apa pandangan Anda soal ini?

Saya terkejut mengetahui itu. Contohnya saja Facebook, fans saya di Jakarta lebih banyak dibandingkan di Madrid. Itu berarti saya lebih terkenal di Indonesia dibandingkan di negara saya. It's amazing dan sulit dimengerti memang. Namun, itu artinya Indonesia punya kultur untuk menyukai balapan lebih besar. Itulah mengapa saya mencintai Indonesia.

Indonesia itu negara kedua saya, saya tidak pernah ke negara lain sesering saya ke Indonesia jika saya tidak sedang membalap.

Mudah-mudahan saya bisa kembali ke Indonesia dengan menjadi juara dunia lagi dan menggelar pesta besar.

Ada pesan untuk masyarakat Indonesia dan khususnya para fans Anda?

Indonesia? Anda punya negara yang indah, jadi tolonglah jaga dan hormatilah itu. Juga untuk para fans yang mengikuti saya di televisi, twitter, dan facebook, Terima kasih banyak untuk cinta yang Anda berikan kepada saya. Saya tidak ingin mengecewakan Anda sekalian.

motogp

Mulai musim ini MotoGP kembali ke sepeda motor kapasitas 1.000cc. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo menilai rekannya, Ben Spies, dengan gaya membalapnya akan lebih mudah beradaptasi.

Hal itu disampaikan Lorenzo dalam perbincangan dengan detiksport dan beberapa media lain di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Minggu (16/1/2012) malam WIB.

"Saya rasa gaya membalap dia lebih cocok dengan motor 1.000 cc. Dengan pengalamannya di Superbike Spies bisa beradaptasi lebih baik dengan motor itu. Mungkin saya lebih buruk dan agak sedikit lambat beradaptasi dengan motor itu," tukas Lorenzo.

Meski belum pernah berkompetisi dengan motor 1.000cc, Lorenzo tetap menyimpan optimise untuk meraih kesuksesan seperti musim 2010, ketika ia menjadi juara dunia.

"Motor itu punya banyak potensial, tapi kami harus bekerja lebih keras lagi. Saya sudah mencobanya dua kali. Tapi motor itu saya rasa punya potensi dan mudah-mudahan kami bisa merebut titel juara dunia lagi," sambungnya.

Mengenai perbedaan antara motor 800 cc dan 1.000 cc, pria Spanyol itu tak begitu mempermasalahkan. Hanya saja ia mengaku harus belajar sedikit lagi mengontrol tenaga besar dari motornya.

"Perbedaannya? 200 cc lebih banyak (sambil tertawa kecil), tenaganya lebih besar sekitar 25 tenaga kuda. Cara Anda mengendarai motor itu pun sedikit berbeda. Kurang lebih sama soal bodi motor dengan yang lama, cuma ada sedikit evolusi.

"Kekuatan mesin pun lebih besar, lebih sulit untuk mengontrol ban depan untuk tetap menjejak tanah dan untuk mengatur putaran di ban belakang. Kami (Yamaha) masih banyak yang harus dikerjakan untuk motor ini," tuntasnya.

Selasa, 10 Januari 2012

Persaingan motor sport makin memanas setelah kemunculan Honda CBR150R dan Yamaha R15. Namun berdasarkan polling yang dilakukan detikOto, meski pun belum hadir di pasar Indonesia, Yamaha R15 lebih disukai dibanding kompetitornya itu.

Dari total 360 suara Otolovers yang mengikuti polling, sekitar 209 orang memilih Yamaha YZF R15 sebagai motor 150 cc favorit, sisanya memilih Honda CBR150R.

Kalangan orang dalam Yamaha menyebutkan, motor R15 memang belum masuk dalam jadwal motor yang akan diluncurkan di Indonesia, namun jika motor ini beredar di Indonesia harganya sekitar Rp 20-30 juta.

Di India sendiri R15 dijual dengan harga Rp 19,8 juta. Sumber kami tersebut menyebutkan toh jika Yamaha R15 masuk, tidak akan mengganggu pasar dari motor sport yang sudah terlebih dulu diluncurkan Yamaha.

Jika melihat spesifikasi, keduanya memang bersaing ketat. Yamaha R15 memiliki mesin kapasitas 149.8 cc SOHC 1 silinder liquid cooled, 4 valve, 4 langkah dan Honda CBR 150R dilengkapi mesin kapasitas 149.4 cc DOHC 1 silinder tipe CS150RE, liquid-Cooled, 4 langkah.

Soal tenaga mesin Yamaha R15 terbaru dapat menyemburkan tenaga hingga 17 Ps pada 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 7.500 rpm sedangkah Honda CBR 150R bisa menyemburkan 17,8 Ps pada 10.500 rpm dan torsi 12,66 Nm pada 8.500 rpm.

Meski Yamaha R15 menggunakan mesin SOHC namun tenaga mesinnya bisa menyaingi tenaga mesin Honda CBR 150R.

Persaingan antar pabrikan roda dua kini menjamah medan baru. Bila Honda mengatakan akan menambah fitur injeksi di seluruh mesin motor miliknya yang ada di Indonesia, Yamaha pun menjawab tantangan tersebut. Sedikitnya akan ada 3 model motor Yamaha yang akan diberi suplai bahan bakar injeksi di 2012 mendatang.

Seperti diketahui di Yamaha saat ini hanya ada V-ixion yang maju ke depan dengan sistem pengabutan injeksi pada mesinnya, sementara motor-motor lain seperti Mio, Xeon, Vega, Jupiter series atau pun Byson masih setia dengan sistem pengabutan karburator.

Tapi di tahun 2012 mendatang, kemungkinan akan ada 3 model Yamaha yang mesinnya disuplai sistem injeksi.

"Kemungkinan 3 model," ujar Manager Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Sahrial ketika berbicara dengan wartawan di Bandung.

Namun, meski begitu, Sahrial enggan membeberkan lebih lanjut mengenai motor apa saja yang akan dipersenjatai sistem injeksi nanti walau dia mengatakan kemungkinan ada selisih antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta antara varian karburator dan injeksinya.

"Pokoknya, ada skutik dan bebek, jelasnya nanti saja," cetusnya.

Pernyataan Sahrial ini seolah menegaskan kembali pernyataan yang pernah dibuat GM Promotion and Motorsport, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Eko Prabowo  seminggu sebelumnya.

Ketika itu, Eko secara samar mengatakan kalau Yamaha saat ini sedang menyiapkan motor baru yang akan diluncurkan awal tahun depan.

"Ya liat saja nanti kami akan ada produk baru di tahun depan di bulan ke-3 atau Ke-4 2012," tegas Eko di Puncak, Bogor, saat Sunday Riding Bersama Yamaha dan Media, Minggu(20/11/2011).

Motor apakah itu? Kita lihat saja pergerakan Yamaha nanti.

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) memang sudah memastikan tak akan memasukan motor sport kelas 150 cc YZF-R15 ke Tanah Air setidaknya hingga 4 tahun kedepan atau 2014. Apa alasan utama Yamaha?

GM Promosi dan Motor Sport PT YMKI Eko Prabowo mengatakan dalam roadmap line up produksi Yamaha yang akan dipasarkan di Indonesia, produk motor sport R15 tak masuk jajaran motor anyar.

"Totally nggak (R15) karena saya sudah tahu masterplan-nya, saya pegang masterplannya, 4 tahun kedepan nggak ada," katanya di Hotel Shinagawa, Tokyo, Rabu malam (30/11/2011).

Eko menuturkan alasan mendasar pihaknya tak memasukan motor sport yang cukup populer di India itu karena secara kebutuhan motor segmen tersebut sudah terpenuhi. V-Ixion dianggap masih bisa memenuhi harapan pecinta R15 di dalam negeri.

"Itu sudah terpenuhi dengan adanya V-Ixion, dari sisi teknologi, sistem, fuel injection," katanya.

Menurutnya yang membedakan V-ixion dengan R15 adalah pada body saja, khususnya fairing, yang melekat secara penuh di tubuh R15.

Mekipun Eko memahami soal penantian pecinta motor Yamaha di Indonesia terhadap R15. Namun ia mengharapkan para konsumen bisa berkreasi sendiri dengan menambahkan fairing pada V-ixion yang secara langsung akan menyulapnya menjadi R15.

Yamaha R15 di India memang dibandrol kurang lebih Rp 19,8 juta atau setara 107.000 rupe. Harga ini memang tak jauh berbeda dengan harga V-Ixion di Indonesia.

Yamaha Indonesia nampaknya tidak sesumbar untuk meluncurkan motor injeksi tahun depan. Hal ini bagian dari komitmen Yamaha memperkuat motor injeksi di Tanah Air setelah sukses dengan V-Ixion mereka.

President, Chief Executive Officer and Refresentatif Director Yamaha Co.Ltd Hiroyuki Yanagi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa model baru Yamaha, diantaranya motor matik berteknologi injeksi di Indonesia.

"Tentu, tentu kita akan perkenalkan ke Indonesia tahun depan, " katanya di lokasi Tokyo Motor Show di Big Sight, Tokyo, Rabu (30/11/2011)

Hiroyuki tidak membeberkan secara langsung model apa yang akan diluncurkan, namun ia mengatakan komitmen Yamaha terhadap teknologi injeksi di Indonesia. Ia memperkirakan produk matik baru berteknologi injeksi akan hadir pada triwulan I-2012.

Sementara itu GM Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Eko Prabowo mengatakan komitmen Yamaha menyodorkan produk motor berteknologi injeksi akan terealisasi secara bertahap tahun depan. Ia pun mengatakan salah satu dari sekian line up motor baru Yamaha di 2012 adalah bebek matik bergenre retro.

Nah, kriteria itu nampaknya hampir klop dengan gosip yang sudah terlanjur beredar belakangan ini soal akan munculnya motor matik retro antara Yamaha Fino yang saat ini sudah lalu lalang di jalan-jalan Tokyo Jepang. Namun sayangnya masih enggan mengungkapkan sosok motor matik apa yang dimaksud.

"Konsepnya retro, nanti di bulan 3 atau bulan 4," kata Eko

Namun Eko menegaskan kemunculan produk baru Yamaha ini sangat mempertimbangkan aspek kesiapan produksi Yamaha termasuk pertimbangan terhadap konsumen.

"Kita tidak ingin jadikan model, dengan segala macam varian. Baru beli ini, eh tiba-tiba 4 bulan lagi sudah keluar lagi, dengan jenis yang sama. Konsumen akan merasa kok jadi komoditi muasin pabrik. Kita nggak kayak gitu, beda," katanya.

Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengklaim penjualan sepeda motornya dalam beberapa tahun terakhir melaju pesat. Salah satunya karena promosi besar-besaran pada ajang motor GP tim Yamaha.

General Manager Promotion, Community and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Eko Prabowo, di Communication Plaza, Shinzuoka, Kamis (1/12/2011) mengatakan pihak Yamaha Indonesia selama 3 tahun terakhir berturut turut telah memasang slogan Semakin di Depan di unit-unit motor tim GP Yamaha. Tak tanggung-tanggung uang ratusan miliar rupiah harus dirogoh oleh pabrikan berlogo garpu ini.

“US$ 40 juta per tahun ke tim motor GP Yamaha. Impact-nya ke sales kita dahsyat banget,” kata Eko

Ia menuturkan langkah tersebut merupakan terobosan. Sehingga tak heran kompetitor lainnya melakukan langkah serupa misalnya Honda dengan slogan One Heart di motor GP.

“Dampaknya pada tahun pertama dampaknya langsung terasa. Poinnya adalah pola marketing kita yang berbeda dengan lainnya. Kalau pesaing yang lainnya hanya mengandalkan uang tapi tanpa ide,” kata Eko.

“Tahun depan belum diputuskan, apakah lanjut atau tidak. Tapi setidaknya sudah berlangsung 3 tahun,” katanya.

Jakarta - Yamaha masih terus bergerak. Setelah sebelumnya menampilkan laburan warna putih pada Jupiter Z, kini pabrikan berlambang garpu tala itu kembali bergerak mengganti baju Jupiter MX dengan striping baru dan logo unik Yamaha 3D.

Baju baru Jupiter MX ini memiliki logo Yamaha 3D pada bagian leg shield kanan dan kiri yang dikatakan merupakan perubahan paling spesial dari Jupiter MX baru baik yang menggunakan kopling maupun otomatis. Logo ini diklaim Yamaha mampu menguatkan kesan sporty, mewah dan elegan.

”Dari semua tipe dan varian motor Yamaha, hanya Jupiter MX yang memiliki logo 3D unik ini," ungkap Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia dalam keterangan resminya, Selasa (10/1/2012).

"Yamaha ingin memberikan sesuatu yang baru kepada konsumen dan inovasi ini bisa dibilang merupakan tren terbaru lagi yang diciptakan Yamaha setelah mengeluarkan warna putih pada produk-produk kami,” tambahnya.

Selain logo baru tersebut Jupiter MX juga memiliki konsep baru pada grafisnya yang bertemakan desain artistik modern.

Konsep grafis Jupiter MX dengan kopling seperti mobil sport canggih dan futuristik. Motif pada leg shield-nya berbentuk serat kevlar, seperti elemen yang digunakan pada mobil-mobil balap Formula One (F1) dan MotoGP.

Sedangkan Jupiter MX otomatis mengambil desain simbol artistik mewah kerajaan-kerajaan masa depan dengan elemen metal atau ukiran-ukiran pada permukaan logam mulia. Grafisnya harmonis menyatu dari leg shield sampai body belakang. Logo MX pada body belakangnya seperti logam mulia platinum.

Jupier MX baru juga punya warna baru putih yang menggantikan warna emas. Warna putih kombinasi hitam tersedia untuk Jupiter MX yang menggunakan kopling. Selain itu ada juga warna merah kombinasi hitam, biru hitam, hijau hitam dan hitam solid. Sedangkan Jupiter MX baru yang otomatis punya tiga warna yaitu merah hitam, hijau hitam dan hitam biru.

Jupiter MX anyar ini siap dipasarkan bulan ini dengan harga tetap 16.515.000 rupiah on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Spesifikasi mesinnya pun tidak berubah dengan tipe mesin 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 135 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 12,52 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 12,14 Nm di 6.000 rpm.


Sekarang ini banyak website penipuan yang menggunakan sarana facebook dan media iklan gratis di internet untuk mencari mangsa yang terlena. Kelemahan facebook yang bisa menampilkan foto dan berita dari “tag” seorang teman di facebook tanpa memerlukan persetujuan yang di tag, membuat banyak sekali korban-korban berjatuhan, karena mengira yang memposting foto atau artikel adalah temannya yang dikenal.  Belum lagi nama-nama toko yang dibuat religius seperti : amanah Cell, Hidayah cell, Al Amin store sepertinya ingin memberi kesan bahwa mereka bukan penipu. Maka berhati-hatilah yang mendapatkan informasi barang murah di facebook, karena kemungkinan besar adalah penipuan.
Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan apakah suatu online store itu penipuan atau bukan, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
  1. Harga yang tercantum di Toko Online penipuan biasanya di bawah harga pasaran. Bahkan ada yang memasang harga 50% dibawah harga pasaran. Mereka mengaku barang gelap, atau black market sehingga bisa mendapatkan harga murah.

  2. Nomor telpon yang tercantum biasanya nomor handphone dan cuma satu nomor biasanya, jarang sekali yang menggunakan fixphone dari telkom.

  3. Alamatnya fiktif, ada alamat cuma kalau didatangi pasti tidak ada di alamat yang dituju.

  4. Umur domain yang kalau boleh dibilang sangat baru, biasanya belum ada setahun.

  5. Apabila kita melakukan penawaran, mereka akan sangat mudah memberikan diskon.

  6. Tidak menerima pembelian secara langsung atau cash on delivery, mereka mewajibkan pembayaran dimuka via transfer bank, dan hampir dipastikan barang tidak akan pernah dikirim.
Penulis barusan mendapatkan website yang terindikasi kuat sebagai toko online penipuan dengan domain :  www.global-elektronik.com. Toko ini banyak sekali melakukan iklan melalui facebook, mereka melakukan tagging untuk mempromosikan produk murah mereka dan di link kan ke website mereka. Gambar dibawah ini adalah contoh promosi mereka melalui facebook.
1308293082859212803
Promosi Melalui facebook
Kita lihat harga yang ditawarkan di website tersebut sangat tidak masuk akal, bayangkan harga untuk Blackberry Torch 9800  yang dipasaran masih diatas lima juta, di web tersebut hanya dijual 3juta. Hampir semua produk dijual jauh dibawah harga pasaran. Sangat menggiurkan kalau kita cuman mempertimbangkan harga.
Sekarang kita cek berapa umur website tersebut , berdasarkan data dari whois.com, domain tersebut baru dibuat tanggal 05 Juni 2011, berikut ini data detailnya :
Registration Service Provided By: PALEMBANGHOSTING.COM
Contact: +62.85769027193
Website: http://www.palembanghosting.com
Domain Name: GLOBAL-ELEKTRONIK.COM
Registrant:
PrivacyProtect.org
Domain Admin ()
ID#10760, PO Box 16
Note - All Postal Mails Rejected, visit Privacyprotect.org
Nobby Beach
null,QLD 4218
AU
Tel. +45.36946676

Creation Date: 05-Jun-2011
Expiration Date: 05-Jun-2012

Domain servers in listed order:
ns3.palembanghosting.com
ns4.palembanghosting.com

Administrative Contact:
PrivacyProtect.org
Domain Admin ()
ID#10760, PO Box 16
Note - All Postal Mails Rejected, visit Privacyprotect.org
Nobby Beach
null,QLD 4218
AU
Tel. +45.36946676

Technical Contact:
PrivacyProtect.org
Domain Admin ()
ID#10760, PO Box 16
Note - All Postal Mails Rejected, visit Privacyprotect.org
Nobby Beach
null,QLD 4218
AU
Tel. +45.36946676

Billing Contact:
PrivacyProtect.org
Domain Admin ()
ID#10760, PO Box 16
Note - All Postal Mails Rejected, visit Privacyprotect.org
Nobby Beach
null,QLD 4218
AU
Tel. +45.36946676

Sangat aneh, website yang berumur baru beberapa hari, tetapi di testimoninya sudah ada sejak tanggal 26 Maret 2011. Untuk mengetahui apakah website ini benar-benar penipuan, saya coba melakukan transaksi dengan menghubungi Hotline mereka yang tercantum di web tersebut. Saya tanyakan harga Blackberry Playbook yang diwebsite tercantum harga Rp. 5.300.000 dengan semangat mereka mengasih diskon Rp. 300.000 jadi saya hanya perlu mentransfer ke rekening mereka Rp. 5.000.000,- wow…,mantab.
Kebetulan di website tersebut ada opsi untuk COD khusus untuk daerah BATAM, saya deal dengan harga tersebut asal metode transakasinya COD, tetapi mereka menolak. Mereka memberi alasan COD hanya untuk member. Syarat menjadi member harus melakukan pembelian minimal satu kali. wow



 Jakarta - Setelah bekerjasama selama 3 tahun terakhir pada ajang motoGP, akhirnya kerjasama Yamaha dengan Petronas berakhir. Mulai musim depan tidak akan ditemui lagi logo Petronas di motor dan pakaian balap tim Yamaha.

"Hubungan antara Yamaha dan Petronas telah menjadi sukses besar, kami telah menikmati prestasi besar bersama di kelas MotoGP," ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing seperti dikutip dari motorcycle-usa.

"Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kami di Petronas untuk dukungan selama ini dan berharap mereka akan lebih baik lagi di masa depan," tambah Lin Jarvis.

Salam perpisahan pun diungkapkan oleh perusahaan bahan bakar minyak asal negeri jiran tersebut. "Kami senang memiliki kesempatan untuk bekerja dengan tim Yamaha Racing Factory selama tiga tahun terakhir. Pada waktu itu, kami telah menikmati manfaat dari paparan merek yang kuat," General Manager Senior Corporate Affairs Petronas Grup Divisi, Mohammad Abdullah Medan.

"Tim ini telah mencapai banyak keberhasilan melalui daya saing tingkat tinggi dan standar kinerja mereka. Dan kami harap tim Yamaha terus melanjutkan kesuksesan di masa depan," tutupnya



Valentino Rossi berusaha realistis dengan kansnya di musim 2012. Rossi mengaku akan sulit bertarung memperebutkan gelar juara, kecuali ada sebuah keajaiban dalam wujud motor.

Musim perdana Rossi bersama Ducati pada 2011 tidak berjalan baik. Di akhir musim, juara dunia tujuh kali kelas primer itu tak bisa memenangi satu balapan pun, sebuah catatan yang pertama dalam karirnya.

Menilik capaian di musim lalu, Rossi pun menyikapi peluangnya di 2012 dengan realistis meskipun ia tidak menutup rapat-rapat peluangnya kompetitif atau bahkan menambah koleksi gelar.

"Kejuaraan sangat sulit karena selisih di 2011 selisihnya cukup besar. Target kami adalah berbenah selangkah demi selangkah, dan mengejar ketinggalan Yamaha dan Honda. Dan setelahnya mulai membenahi seluruh rincian, dan kompetitif gua mengejar kemenangan," paparnya di Crash.

"Aku tidak mau bilang sedari awal kalau aku tidak bisa mengejar gelar, tapi aku harus realistis. Pada akhirnya ada 1,5 detik yang harus kami pangkas, dan target kami adalah bisa lebih dekat dengan para pembalap tercepat dan bersaing dengan mereka. Itu target kami," papar Rossi.

Asa Rossi sendiri masih terpelihara karena harapannya terhadap Ducati Desmosedici GP12 yang akan menjadi andalan timnya pada musim depan.

"Kami tahu kami butuh waktu, tapi kami bekerja dengan baik bersama-sama, dan adalah sebuah impian untuk berusaha dan memenangi balapan pertama. Tetapi dalam kenyataannya, kami masih ketinggalan, tapi mungkin motor barunya nanti akan jadi sebuah keajaiban," simpul Rossi.