Minggu, 08 April 2012

Lorenzo Menang Dramatis di Losail

Rossi Finza Noor - detikOto
img


Losail - Seri pembuka di Sirkuit Losail menghadirkan Jorge Lorenzo sebagai pemenang. Pebalap tim Yamaha itu berhasil memenangi duel melawan Dani Pedrosa dan Casey Stoner.

Pada balapan malam yang berlangsung Senin (9/4/2012), Lorenzo yang menempati pole position memulai balapan dengan cukup baik. Ia berhasil mempertahankan posisinya, meski ditempel ketat oleh Stoner dan Dani Pedrosa.

Pedrosa yang start dari urutan ketujuh berhasil merangsek naik dan melewati Stoner. Ia pun berada di posisi kedua di belakang Lorenzo.

Namun, perlahan tapi pasti, Stoner berhasil menemukan kecepatannya. Setelah menyalip Pedrosa, pebalap asal Australia itu kemudian mengungguli Lorenzo dalam adu cepat di trek lurus.

Setelahnya, Stoner berhasil mempertahankan keunggulannya dengan baik. Ia mampu mengungguli Lorenzo dengan keunggulan 2,1 detik. Meski kemudian Lorenzo berhasil memperkecil selisihnya lagi menjadi 1,9 detik.

Pada lap ke-16, Lorenzo berhasil memperkecil selisih waktu lagi menjadi 1,5 detik. Dari sini, jarak lebar yang diciptakan oleh Stoner mulai terkikis.

Lorenzo sempat mendapatkan perlawanan ketat dari Pedrosa. Ia sempat disalip oleh pebalap asal Spanyol itu, namun Lorenzo akhirnya bisa kembali menduduki urutan kedua.

Tepat pada lap ke-20, Lorenzo akhirnya berhasil menyalip Stoner--yang tampak mengalami masalah dengan motornya. Ia tampak lebih cepat dari Stoner ketika menikung dan akhirnya memimpin 1,1 detik atas Stoner dan Pedrosa yang ada di belakangnya.

Sial bagi Stoner, keperkasaannya nyaris sepanjang balapan seperti sirna ketika ia disalip oleh Pedrosa tak lama kemudian. Stoner pun harus puas finis di urutan ketiga.

"Ini seperti balapan tahun 2010 bagi saya. Di pertengahan balapan, saya berpikir bahwa mustahil untuk memenangi balapan ini," akunya seperti dilansir Autosport.

Jaraknya dengan Stoner yang sempat mencapai angka dua detik itu kemudian perlahan-lahan memendek. Motor Stoner tampak mengalami masalah dan bergetar ketika menikung, Lorenzo dan Pedrosa pun berhasil memanfaatkannya.

Pada akhirnya, Lorenzo berhasil mengklaim kembali posisi terdepan dan Stoner harus puas finis di urutan ketiga.

"Kemenangan ini adalah karena saya tak pernah menyerah. Saya selalu menekan, menekan, dan menekan. Tapi, ini juga karena Casey sedikit kehilangan kecepatannya. Jadi, saya berusaha terus menekannya," tukas Lorenzo.

Jalannya Balapan

Lorenzo yang menempati pole position memulai balapan dengan cukup baik. Ia berhasil mempertahankan posisinya, meski ditempel ketat oleh Stoner dan Dani Pedrosa.

Pedrosa yang start dari urutan ketujuh berhasil merangsek naik dan melewati Stoner. Ia pun berada di posisi kedua di belakang Lorenzo.

Namun, perlahan tapi pasti, Stoner berhasil menemukan kecepatannya. Setelah menyalip Pedrosa, pebalap asal Australia itu kemudian mengungguli Lorenzo dalam adu cepat di trek lurus.

Setelahnya, Stoner berhasil mempertahankan keunggulannya dengan baik. Ia mampu mengungguli Lorenzo dengan keunggulan 2,1 detik. Meski kemudian Lorenzo berhasil memperkecil selisihnya lagi menjadi 1,9 detik.

Duel tak kalah menarik terjadi di belakang ketiganya, yang mana melibatkan Andrea Dovizioso dan Cal Cruchlow. Keduanya dari tim Yamaha Tech 3.

Dovizioso yang start dari urutan enam mendapatkan perlawanan ketat dari sang rekan setim--yang start dari urutan ketiga. Dovizioso sempat berada di urutan keempat, namun Crutchlow berhasil menyalipnya di lap ke-17.

Sejak saat itu, Cructhlow tampak sulit untuk disalip oleh Dovizioso, kendati posisi keduanya tampak tidak terpaut jauh.

Sementara itu, Valentino Rossi mengalami nasib yang cukup sial. Start dari urutan 12, motor Rossi sempat menyasar keluar lintasan di lap-lap awal. Posisinya sempat turun, namun ia berhasil memperbaikinya dan berada di urutan kesepuluh setelah melewati Ben Spies.

Di barisan depan, keunggulan Stoner mulai mengendur seiring masalah yang tampak pada bannya dan juga motornya yang bergetar. Di belakangnya, Pedrosa berhasil menyalip Lorenzo untuk mengklaim posisi kedua. Tetapi, hal ini tidak berlangsung lama. Lorenzo kembali berhasil mengklaim urutan dua pada lap ke-19.

Tepat pada lap ke-20, Lorenzo akhirnya berhasil menyalip Stoner, dan dari sini pebalap Yamaha itu tampak tak terkejar. Ia berhasil menciptakan jarak sekitar 1,1 detik di depan peringkat kedua.

Sial bagi Stoner, setelah kehilangan posisi terdepan, ia kemudian disalip juga oleh Pedrosa. Juara dunia MotoGP tahun lalu itu pun harus puas mengakhiri balapan di urutan kedua.

Hasil Balapan MotoGP Qatar

(Urutan-Pebalap-Tim-Catatan/Selisih Waktu)

1. Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing) 42:44.214
2. Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) +0.852
3. Casey Stoner (Repsol Honda Team) +2.908
4. Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech 3) +17.114
5. Andrea Dovzioso (Monster Yamaha Tech 3) +17.420
6. Nicky Hayden (Ducati Team) +28.413
7. Alvaro Bautista (San Carlo Honda Gresini) +28.446
8. Stefan Bradl LCR (Honda MotoGP) +29.464
9. Hector Barbera (Pramac Racing Team) +31.384
10. Valentino Rossi (Ducati Team) +33.665
11. Ben Spies (Yamaha Factory Racing) +56.907
12. Colin Edwards (NGM Mobile Forward Racing) +58.088
13. Randy de Puniet (Aspar Aprilia) +01:10.650
14. Yonny Hernandez (Avintia FTR-Kawasaki) +01:15.943
15. Aleix Espargaro (Aspar Aprilia) +01:26.733
16. Ivan Silva (Avintia FTR-Kawasaki) +01:43.327
17. Mattia Pasini (Speed Master Aprilia) +01:47.419
18. James Ellison (Paul Bird Aprilia) +01:51.882
19. Danilo Petrucci (Ioda-Aprilia) +01:14.2
20. Karel Abraham DNF
21. Michele Pirro DNF

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim pertanyaan anda ke kami jika ada pertanyaan layanan bantuan jasa informasinya