Rabu, 22 Februari 2012

bajaj pulsar new

Produsen motor Bajaj akhirnya memperkenalkan generasi baru dari Bajaj Pulsar di India. Tapi dalam jangka beberapa bulan ke depan, motor ini sepertinya belum akan masuk Indonesia.

Sebab, Bajaj mengatakan kalau platform motor yang benar-benar baru ini mengharuskan pihaknya untuk menyiapkan banyak hal ketika harus diboyong ke nusantara mulai dari pelatihan mekanik hingga pengadaan special tools.

"Banyak yang harus disiapkan terlebih dahulu dan itu butuh waktu," kata Marketing Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) Rizal Tandju kepada detikOto di Serpong, Senin (30/1/2012).

Namun, bukan berarti generasi baru Bajaj Pulsar ini tidak akan masuk Indonesia. "Semua butuh proses. Tapi pada akhirnya pasti akan kita masukkan," ujarnya.

"Apalagi, teknologi-teknologi baru yang ditaruh di Bajaj Pulsar 200 generasi baru juga akan digunakan di Pulsar seri lainnya. Jadi tenang saja," cetus Rizal.

Seperti diketahui Bajaj baru saja memperkenalkan Pulsar generasi baru yang mengusung mesin dengan 3 busi, bukan 2 busi seperti sekarang ini.

Pabrikan India ini mengklaim dengan setting seperti ini maka pembakaran motor akan lebih sempurna yang pada akhirnya berujung pada peningkatan performa dan efisiensi bahan bakar.

Untuk permulaan, Bajaj memperlihatkan Pulsar 200 anyar terlebih dahulu yang diberi nama Pulsar 200 NS. Tapi, platform yang digunakan Pulsar 200 NS ini akan pula digunakan di Pulsar-Pulsar lainya.

Busi utama akan berada di atas dan dua busi lainnya akan berada di samping ruang bakar yang dikatakan akan membuat peningkatan 15 persen di sektor pembakaran.

Hasilnya, Bajaj mengklaim kalau rata-rata digunakan pada kecepatan 55 km/jam maka tingkat efisiensi yang dapat dicapai adalah
58 km/liter.

Tenaga pun akan meningkat menjadi 23,5 bhp yang dapat digapai di putaran 9.500 rpm melalui transmisi 6-speed. Bandingkan dengan Pulsar 220 yang berkapasitas mesin lebih besar tapi hanya bertenaga 21 bhp.

Torsi motor yang akan mewarnai showroom Bajaj di India mulai bulan April ini mencapai 18,3 Nm pada 8.000 rpm dengan bobot motor 145 kg dan kapasitas tangki 12 liter.

Dengan kemampuan seperti itu, motor yang menjadi motor sastu silinder pertama dengan 3 busi ini diklaim mampu berlari dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik dan melaju hingga kecepatan 136 km/jam.

Pelek alloy terbaru juga akan dipasang di motor ini bersama dengan rem berukuran 280 mm di depan dan 230 mm di belakang. Suspensi tunggal alias monoshock akan ada di bagian belakang motor bersama knalpot yang ditempatkan di bagian tengah

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim pertanyaan anda ke kami jika ada pertanyaan layanan bantuan jasa informasinya