Minggu, 15 Januari 2012

motogp

Di bulan Maret, balapan Formula 1 dan MotoGP musim 2011 memanggungkan seri perdananya. Di sinilah, dua calon juara dunia, Sebastian Vettel dan Casey Stoner, mengawali perjuangannya dengan kemenangan.

Gara-gara GP Bahrain dibatalkan, seri pembuka F1 digeser ke Australia. Di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Mingu (27/3/2011), sebanyak 22 pembalap bersaing untuk mengawali musim dalam cara terbaik.

Dominasi total yang ditunjukkan oleh Vettel pada musim 2011 ternyata sudah terlihat sejak seri perdana. Dia memenangi GP Australia dengan keunggulan 22 detik atas Lewis Hamilton yang menempati posisi kedua. Di seri ini, pembalap Renault, Vitaly Petrov, membuat kejutan dengan naik podium ketiga.

Dari lintasan MotoGP, Stoner juga memulai musim 2011 dengan sangat baik. Dia menandai debutnya bersama Repsol Honda dengan kemenangan di balapan MotoGP Qatar, Minggu (20/3/2011). Memegang pole, ia sempat bertarung sengit dengan Jorge Lorenzo, tapi mulai tak terkejar sejak lap 11. Lorenzo finis nomor dua, Dani Pedrosa ketiga.

Sementara itu, tanda-tanda Valentino Rossi bakal kesulitan bersama Ducati juga sudah terlihat di Qatar. The Doctor cuma menempati peringkat ketujuh dalam debut di tim barunya.

Bencana gempa dan tsunami yang menghantam Jepang pada bulan Maret juga ikut berimbas ke jadwal MotoGP. GP Jepang yang semula dijadwalkan pada 24 April diundur ke 2 Oktober.

Beralih ke lapangan basket, Los Angeles Lakers sempat membukukan hasil gemilang dengan menang delapan kali berturut-turut di NBA. Tapi, catatan apik itu akhirnya dihentikan oleh Miami Heat, yang mengalahkan Lakers di AmericanAirlines Arena 94-88.

Bulan Maret juga jadi bulan yang bersejarah untuk NBA. Untuk kali pertama, sebuah pertandingan NBA di musim reguler dimainkan di luar Amerika Serikat, tepatnya di London. Dalam pertandingan di O2 Arena, Sabtu (5/3/2011) dinihari WIB, New Jersey Nets berhasil mengungguli Toronto Raptors 116-103.

Dari basket dalam negeri, Satria Muda Britama berpesta pada bulan Maret. Mereka berhasil menjuarai edisi pertama National Basketball League (NBL) setelah dalam partai final mengalahkan Nuvo CLS Knight Surabaya dengan skor 67-50. Ini merupakan gelar keenam SM di kancah kompetisi basket profesional Indonesia.

Dari cabang tenis, Novak Djokovic dan Caroline Wozniacki berjaya di turnamen Indian Wells. Di final, Djokovic menundukkan rival beratnya, Rafael Nadal, dalam duel tiga set dengan skor 4-6, 6-3, dan 6-2. Sementara itu, Wozniacki juga harus bertarung tiga set sebelum mengalahkan Marion Bartoli dengan skor 6-1, 2-6, dan 6-3.

Cerita lain dari lapangan tenis adalah soal rekor servis paling kencang yang dibuat oleh petenis Kroasia, Ivo Karlovic. Dalam aksinya di nomor ganda di Piala Davis, ia sempat melepaskan servis berkecepatan 251 km/jam, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Andy Roddick dengan 249,4 km/jam.

Dominasi China di cabang bulutangkis kembali tersaji lewat turnamen bergengsi All England. Negeri Tirai Bambu meraih tiga gelar lewat Wang Chixian (tunggal putri), Wang Xiaoli/Yu Yang (ganda putri), dan Xu Chen/Ma Jin (ganda campuran). Lee Chong Wei (tunggal putra/Malaysia) dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (ganda putra/Denmark) merebut gelar lainnya. Bagaimana dengan wakil-wakil Indonesia? Tak ada satu pun yang bisa menembus babak final.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan kirim pertanyaan anda ke kami jika ada pertanyaan layanan bantuan jasa informasinya